Sebagian orang, terutama pada masyarakat tradisional, pendidikan masih dianggap sebagai hal yang tidak perlu diutamakan. Pendidikan formal hanya cukup dengan bisa baca dan tulis, karena hanya itulah yang paling sering digunakan. Akan tetapi, pada masyarakat yang modern, proses pendidikan tidak hanya terbatas pada output pengajaran yang didapat. Akan tetapi ada akibat-akibat ikutan yang diperoleh melalui proses pendidikan. Disamping ilmu yang bagi peserta didik, pendidikan juga berperan dalam tiga hal, yaitu :

  • Migrasi Geografis

Pendidikan yang terjadi pada seseorang menyebabkan adanya perpindahan tempat. Seseorang yang berpindah karena mencari pendidikan tentu akan berpindah ke daerah yang lebih ramai atau kota besar dengan pendidikan yang lebih baik atau dengan kata lain perpindahan ini tentu menuju ke tempat yang lebih baik.

  • Migrasi Sosiologis

Perpindahan sosiologis bukan berarti adanya perpindahan tempat akan tetapi terjadinya perpindahan status sosial. Orang yang mendapat pendidikan yang lebih tinggi tentu akan mendapat status sosial yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan orang tidak mendapat pendidikan. Dengan pendidikan yang tinggi ini pulalah yang menjadi jembatan seseorang untuk memperoleh perekonomian yang lebih banyak sehingga kenaikan strata ekonomi juga semakin meningkat.

  • Kemampuan Empati

Karena pendidikan yang diperoleh seseorang menyebabkan mempunyai ide-ide besar. Dan dengan ide-ide besar pulalah suatu peradaban yang maju akan tercapai. Atau dengan kata lain, pendidikan akan membuka cakrawala sehingga mimpi-mimpi besar akan dapat diwujudkan.