judul diatas sebagai gambaran kebahagiaan keluarga kami. akhirnya buah hati amanah Allah yang selalu kami dambakan, Insyaallah akan menghampiri. setelah dua tahun (kami menikah mei 2008), dengan penantian dan pengharapan yang tak putus akhirnya dikabulkan juga.

bukan hal yang mudah bagi kami untuk mendapatkan momongan. dua tahun bukanlah waktu yang pendek, bahkan adik dari istri saya pun (yang menikah 9 bulan setelah kami menikah) sudah mempunyai anak yang berumur 2 bulan.

setahun dari pernikahan kami, kami berdua mengajukan tugas belajar dan alhamdulillah dikabulkan oleh pimpinan. jadilah kami berangkat ke jogja untuk meneruskan pendidikan (tentu dengan maksud mau terapi juga,sambil menyelam minum air dan nyari ikan, hehe…). hijrah kami ke jogja tentu bukan tanpa alasan, perpindahan ke daerah yang relatif lebih dingin dibandingkan kalimantan tengah tempat kami bekerja tentu dengan harapan akan memberi pengaruh baik terhadap sistem reproduksi. kata teman saya yang dari muara teweh (pak Taufik), udara dingin akan berpengaruh bagus terhadap perkembangan spermatozoa dan ovum yang dihasilkan. memang pada beberapa kasus, pengaruh udara panas akan mengurangi fertilitas.

sebelum dapat hasil yang menggembirakan ini, sudah 6 kali bolak-balik ke dokter Sp.OG. dan dua kali menjalani tes laboratorium. dan hasilnya memang ada kekurangan di sprematozoa yang motilitas lurusnya kurang dari 25% dan terjadi aglutinas. dari tes ini, diserahkan ke dokter pada kontrol yang keempat, dan baru pada kontrol keenam saya diberi “obat” untuk memperbaiki kualitas sperma. mengkonsumsi tribestan 2 kali sehari selam 20 hari merupakan hal yang diharuskan tanpa boleh terlupakan (walaupun kayaknya pernah dua kali kelupaan, hehe…). disamping itu, mengkonsumsi jus tomat juga merupakan menu tiap hari. konon, tomat sangat baik untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas sperma. istri juga mengkonsumsi promestan yang merupakan obat penguat kandungan.

itu hasil tes di pagi hari. karena belum yakin, maka kami langsung memeriksakannya ke klinik.

itu foto hasil USG yang meyakinkan kami. karena, terus terang saya belum yakin ketika melihat hasil dari test-pack, yang dulu juga pernah pake dan ada garis dua tapi ternyata ga hamil.

selama proses kehamilan, istri juga masih meminum promestan dan vitamin untuk menjaga tubuhnya. juga mulai meminum susu buat ibu hamil. semoga Allah SWT selalu melindungi kami, dan selalu merahmati kehidupan kami.

Amin…